Posted by : ghina deans Jumat, 17 Mei 2013




KAPTEN memang lahir dari ajang reality show, Dream Band yang digagas salah satu televisi swasta dan majalah remaja. Tidak juara malah, hanya mendapat Juara II saja. Tapi percaya atau tidak, band asal Bandung [meski personilnya tidak ada yang asli Bandung euy!], punya "sesuatu" yang lebih dibanding finalis lain. Hal itulah yang tampak ketika Zacky [vokal], Pupun [gitar], Arie [bass] dan Q- Wee [drum] mengadakan jumpa pers peluncuran album pertamanya KAPTEN di Hardrock Cafe Jakarta, Selasa [11/4/2006] kemarin.

Sebelum ngobrol dengan wartawan, KAPTEN "pamer" aksi dulu beberapa lagu. Disitulah terlihat ada sesuatu yang bisa "mengangkat" band ini. Bercerita soal awal bertemunya, KAPTEN memang tidak menyangka personilnya bisa "connect" dengan cepat. "Sebelumnya kita tidak saling kenal. Tapi ketika bertemu dan nyatu, langsung ada chemistry yang pas," terang Zaky, vokalis kalem. Ada kisah menarik ketika pertama bertemu. "Ketika melihat Pupun main, kita sempat down. Soalnya, dia mainnya hardcore garis keras gitu," kenang Zaky sambil tertawa kecil. Untung saja, Pupun bukan orang yang egois, "Akhirnya kita bisa nyatu juga," tambah Zaky. Kapten mengambil karakter rock sebagai kekuatan musikalnya. Lirik yang semuanya dibuat Zaky bertutur lugas dan kadang- kadang nakal. Soal lirik ini Zaky bertutur,"Memang saya yang bikin, mungkin karena kebetulan saya yang paling siap materi lagunya. Tapi untuk album selanjurnya, yang lain pasti terlibat kok," paparnya.




Yang jelas, KAPTEN mengaku belajar banyak soal kreativitas. "Kita belajar bagaimana mengatur song list supaya ritme dan emosi penonton tetap terjaga," tambah Pupun yang selalu tampil di panggung pakai kacamata. Album yang menjagokan Lagu Sexy sebagai hits single ini digarap selama 5 bulan hingga selesai. "Kita selesaikan rekaman ini disela kesibukan manggung," jelas Pupun. Asal tahu saja, meski band baru, KAPTEN tergolong cukup punya jadual manggung yang padat. Debut KAPTEN bolehlah mendapat perhatian. Mendengar musik yang sedikit berbeda, meski tak baru-baru amat, rasanya bisa membuat suasana berbeda. Satu catatan lagi, jangan pernah "terpuruk" ketika debut awal ini tak terlalu menggembirakan.



Banyaknya anggapan band Kapten sudah bubar, membuat para personelnya shock. Pasalnya, meski lama tak mengeluarkan karya, mereka sebenarnya tidak bubar, hanya mengalami pergantian personil. “Kami buktikan aja. Nggak apa-apa orang bilang bubar, tapi sampai kapanpun kami akan tetap mempertahankan Kapten. “Diborgol aja biar nggak ada yang keluar lagi.” tukas Q-we. Arief (bass) dan Q-we adalah dua personil lama Kapten yang tersisa.

Mereka pun menjelaskan sedikit perjalanan Kapten masih bisa bertahan hingga saat ini. “Akhir 2007, Zacky mengundurkan diri, lalu kami audisi vokalis baru. Bani masuk 17 Agustus 2008, single pertama Cemburu Abis. lalu keluar gitaris Kapten, Januari 2011, Pupun mundur dan ingin bisnis peuyeum. Q-we inisiatif cari gitaris baru,” terangnya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (24/5). Gitaris baru itu adalah Adhi, yang mengaku terbebani nama besar Kapten, "Awalnya hanya bantuin manggung selama tiga bulan. 

Gabung resmi Maret 2011. Nggak mudah menyesuaikan dengan Kapten. Ada perasaan kaku karena nama besar Kapten itu. Tapi personel yang lain memberi kebebasan dan kekuatan, nggak harus 'style' dengan gitaris lama," paparnya. Beban yang dirasa Adhi ternyata juga dirasa Bani yang menggantikan Zacky, "Beban itu pasti ada. Hampir setahun beban itu ada. Pro dan kontra itu pasti ada, tapi ya harus tetap jadi diri sendiri aja. Suaranya juga sama kayak Zacky, benar-benar asli dari keluar dari tenggorokan," akunya. Dengan formasi terbaru Bani (vokal), Q- We (drum), Adhi (gitar) dan Arief (bass), Kapten sudah mengeluarkan album terbaru yang berjudul REVOLUSI dengan warna dan logo baru. “Album ketiga berjudul REVOLUSI, karena personel baru, warna baru, logo juga baru. Semuanya baru. Enam bulan pengerjaan album ini. Kami master license. Single Mari Menari, video klipnya dibuat di Bandung. Ada 10 lagu di album ini,” promo Arief. (kpl/gum/rea) Diskografi Kapten (2006) Malaikat Cinta (2007).



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Blackbox ARTIS Management - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -